5:05 PM

Tina Fey, 30 Rock dan Ikon Lesbian

Posted by SepociKopi |

Bulan Juni 2008, situs lesbian www.afterellen.com menempatkan Tina Fey sebagai perempuan nomor 1 dalam daftar perempuan Hot 100. Daftar Hot 100 tersebut memuat nama 100 perempuan (selebriti) yang jadi idola lesbian berdasarkan hasil polling oleh ribuan lesbian/biseksual.

Tina Fey mengalahkan Jennifer Beals, pemeran Bette dari The L Word yang menduduki urutan kedua. Bahkan mengalahkan Kate “Shane” Moennig yang hanya menduduki urutan 9. Nama-nama seperti Angelina Jolie, Jodie Foster, dan Ellen Degeneres bahkan tidak masuk 10 besar. Pintar, sexy, lucu, dan membumi. Menurut afterellen.com itulah alasan mengapa banyak lesbian menyukai Tina Fey meskipun dia straight.

Saya pribadi adalah penggemar perempuan yang lahir pada tanggal 18 Mei 1970 ini. Dia adalah aktris, komedian, penulis skenario, dan produser. Selama enam tahun ia menjadi kepala penulis di acara Saturday Night Live (SNL), yang jiplakannya di Indonesia kita kenal sebagai Extravaganza. Dan Tina Fey adalah perempuan pertama yang menjadi kepala penulis di SNL. Saya bisa ketawa ngakak tak habis-habisnya melihat duetnya dengan Jimmy Fallon dan Amy Poehler di SNL.

Namanya melejit sebagai penulis skenario andal ketika Mean Girls, film yang dibintangi oleh Lindsay Lohan, menjadi film remaja yang sukses mendunia pada tahun 2004. Namun yang membuat mata semua orang tertuju padanya adalah ketika dia menjadi kreator, produser ekskutif, dan pemeran utama serial komedi 30 Rock yang mulai tayang pada tahun 2006.


Serial kocak dengan dialog-dialog humor yang cerdas ini berkisah tentang kehidupan Liz Lemon, yang diperankan oleh siapa lagi kalau bukan Tina Fey sendiri. Dalam 30 Rock, Liz Lemon adalah kepala penulis serial sitkom di NBC yang harus berhadapan dengan para anak buahnya yang nyentrik. Belum lagi tingkah bos gendheng yang diperankan oleh Alex Baldwin sebagai Jack Donaughy, yang kadang-kadang berlebihan ikut campur dalam kehidupan Liz Lemon.

Beberapa episode dalam serial 30 Rock membahas isu lesbian/gay dengan cara yang kocak dan normal. Seperti dalam season 1, episode The Blind Date, Jack menjodohkan Liz dengan perempuan lesbian karena melihat sikap Liz yang dingin terhadap laki-laki, dia menduga Liz adalah lesbian. Atau dalam season 2 ketika ada seorang lelaki muda yang ganteng naksir pada Liz, seorang laki-laki anak buah Liz menyatakan dirinya rela jadi gay demi lelaki muda yang ganteng itu. Dalam episode-episode lain, isu lesbian/gay juga disentil dengan cara yang tidak melecehkan dalam komedi cerdas ini. (Tidak seperti tayangan-tayangan TV kita yang terkadang menjadikan banci/gay sebagai objek penderita,--red)

Bagi saya, 30 Rock yang kini memasuki season 3, termasuk kategori serial yang Mesti Ditonton, selain Gossip Girls,:p. Meskipun tidak mendapat rating tinggi, namun serial ini mendapat banyak penghargaan, antara lain nominasi bagi Tina Fey sebagai Outstanding Actress in a Comedy Series dalam penghargaan Emmy tahun 2007. Serial 30 Rock sendiri memenangkan penghargaan Emmy tahun 2007 sebagai Outstanding Comedy Series. Pada tahun 2008, Tina Fey memenangkan Golden Globe untuk Best Actress in a Comedy or Musical, dan ia juga memenangkan Screen Actors Guild Award untuk Outstanding Performance by a Female Actor in a Comedy Series.

Dalam kehidupan pribadi, pada tahun 2001 Tina Fey menikah dengan Jeff Richmond, komposer di SNL setelah berpacaran selama tujuh tahun, dan kini mereka memiliki putri berusia 3 tahun. Dipuja sebagai ikon lesbian, membuat Tina Fey sering digosipkan sebagai lesbian. Tina Fey sendiri tidak peduli pada gosip itu, ia malah sering menjawab pertanyaan seperti itu dengan jawaban yang asbun. Namun secara serius Tina Fey menyatakan dirinya bangga dan terhormat dengan pujian sebagai ikon lesbian.

@Alex, RahasiaBulan, 2008

3 comments:

stania said...

Lex, tulis ttg Samantha Ronson dong hehe...

Alex said...

Hi stania, aku pernah nulis dikit soal Samantha Ronson di http://sepocikopi.blogspot.com/2008/07/lindsay-lohan-berulang-tahun-ke-22.html

sean dhe said...

suka juga ama 30 rock, cerdas banget ya....

Subscribe