10:36 AM

Wajah-Wajah Lesbian dalam The L Word

Posted by alex |


Setelah serial Queer as Folk dimulai tahun 2000, The L Word mungkin menjadi satu serial yang memuaskan keinginan penonton yang ingin menyaksikan serial televisi dengan karakter utama sekelompok lesbian. Sejak pertama kali ditayangkan oleh Showtime pada 18 Januari 2004, The L Word mendapat banyak perhatian tidak hanya bagi penonton lesbian, tapi juga bagi penonton heteroseksual. Kalau Sex and the City ber-setting di New York, The L Word ber-setting Los Angeles (walaupun kenyataannya shooting dilakukan di Vancouver, British Columbia) yang menceritakan kehidupan, karier, dan hubungan cinta perempuan-perempuan lesbian.

Pilot episode Season satu dimulai dengan keinginan Bette (Jennifer Beals) dan Tina (Laurel Holloman), yang kepingin punya anak melalui donor sperma. Pada saat yang sama, mereka kedatangan tetangga baru bernama Jenny (Mia Kishner)yang baru tiba di Los Angeles untuk tinggal bersama kekasihnya Tim (Eric Mabius). Tak disangka Jenny malah kemudian jatuh cinta pada Marina (Karina Lombard), pemilik kedai kopi, tempat hangout perempuan-perempuan ini.

Cerita pun mulai bergulir makin seru, seiring kita diperkenalkan dengan Shane (Katherine Moennig), penata rambut yang jadi cewek paling cool se-L Word. Dana (Erin Daniels) si pemain tenis yang masih in-the-closet dan Alice (Leisha Hailey) jurnalis yang biseksual.

Memasuki season kedua dan ketiga, muncul beberapa tokoh baru seperti Carmen (Sarah Shahi), DJ berdarah latin yang seksi dan menjalin hubungan dengan Shane. Muncul pula Helena Peabody (Rachel Shelley), yang tertarik pada Tina. Selain muncul tokoh-tokoh baru, sejumlah aktor dan aktris terkenal seperti Alan Cumming, Eric Roberts, dan Cybil Sheperd pun menjadi bintang tamu dalam serial ini.

Secara garis besar kehidupan dalam The L Word mungkin tidak jauh berbeda dengan kehidupan Ilene Chaiken, kreator dan produser eksekutif The L Word. Dalam kehidupan nyata Chaiken tinggal di L.A bersama partnernya yang sudah hidup bersamanya selama lebih dari dua puluh tahun dan memiliki sepasang anak kembar.

Sejak Queer as Folk ditayangkan oleh Showtime, Chaiken sudah mengajukan ide pembuatan serial TV drama lesbian ini kepada Showtime namun idenya baru bisa terwujud pada tahun 2004. Meskipun serial The L Word mulai mendapat banyak kritik, salah satunya karena dianggap hanya mengisahkan siapa-tidur-dengan-siapa-dalam-episode-kali-ini, namun Showtime tidak ragu mengontrak serial ini untuk musim tayang kelima yang akan mulai syuting 4 Juni 2007.


Profil Pemeran The L Word

Bette Porter (JENNIFER BEALS)
Flashdance, nama Jennifer Beals sebelumnya identik dengan film tahun 1983 tersebut. Namanya sempat tenggelam pada era tahun 90-an, namun The L Word kembali mengangkat namanya dan menjadikannya ikon dalam serial ini. Jika suka Jennifer Beals, coba nonton Flashdance. Great dance, great body, great music. Jennifer Beals adalah lulusan Sastra Amerika dari Yale University, dan pernah main dalam lebih dari 50 film. Jennifer Beals juga sempat hamil pada masa syuting namun sutradara dan kameraman berhasil menutupi kehamilannya dengan baik.

Tina Kennard (LAUREL HOLLOMAN)
Ia menikah dengan Paul Macherey pada tahun 2002 dan pada akhir season 1, Laurel Holloman hamil sehingga produser The L Word harus mengubah jalan cerita dengan membuat Tina hamil. Dalam season 2, Laurel Holloman bahkan melakukan adegan panas dengan Helena (Rachel Shelley) dalam keadaan hamil tua. Pada tahun 1995, Laurel pernah berperan sebagai remaja lesbian dalam The Incredibly True Adventure of Two Girls in Love. Laurel juga dikenal sebagai biseksual.

Kit Porter (PAM GRIER)
Kit Porter adalah saudara tiri Bette, yang ternyata separuh kulit hitam. Pam Grier adalah aktris senior ini sudah berakting dalam film-film yang tidak terlalu ngetop sejak tahun 1970-an. Film paling menonjol yang pernah diperankannya adalah Jackie Brown, karya sutradara Quentin Tarantino. Ia pernah divonis menderita kanker pada tahun 1988, namun berhasil sembuh walaupun dokter menyatakan hidupnya tidak lama lagi.

Jenny Schecter (MIA KIRSHNER)
Aktris kelahiran Kanada ini mengambil jurusan sastra Rusia di McGill University, Montreal. Tahun 2006, Mia mendapat peran dalam film karya Brian De Palma, Black Dahlia sebagai aktris Elizabeth Short, yang dibunuh pada tahun 1947, dan dianggap sebagai adegan “mati” yang penting dalam film. Selain menjadi aktris, Mia Kishner juga berprofesi sebagai penulis.

Shane McCutcheon (KATHERINE MOENNIG)
Aktris ini adalah sepupu Gwyneth Paltrow. Sebelum The L Word, dia mengambil peran-peran kecil di film dan TV. Pernah diaudisi untuk peran Brandon Teena dalam Boys Don’t Cry namun gagal dan peran itu jatuh ke Hillary Swank yang akhirnya memperoleh Oscar. Sebelum The L Word, perannya dalam serial TV Young Americans sebagai Jacqueline "Jake" Pratt, cewek yang menyamar sebagai cowok di sekolah khusus putra dan jatuh cinta pada putra kepala sekolah, membuatnya mendapat peran sebagai Shane.

Dana Fairbanks (ERIN DANIELS)
Aktris ini adalah lulusan Vassar College dan menetap di New York untuk mengejar karier teaternya. Buat banyak orang, profesi Dana Fairbanks merepresentasikan petenis lesbian seperti Martina Navratilova atau Amelie Mauresmo. Pada season 3, tokoh Dana dibuat meninggal akibat kanker payudara.


Alice Pieszecki (LEISHA HAILEY)
Sebelum muncul Daniela Sea, Leisha Hailey satu-satunya aktris dalam L Word yang coming out sebagai lesbian. Pernah menjalin hubungan asmara selama beberapa tahun dengan penyanyi k.d Lang. Selain menjadi aktris, dia juga memiliki grup musik sendiri. Aktris kelahiran Okinawa ini juga pernah mendapat peran sebagai lesbian dalam film drama lesbian tahun 1997, berjudul All Over Me.

Marina (KARINA LOMBARD)
Sebelum menjadi aktris, dia memulai karier sebagai model. Ia berperan sebagai istri Brad Pitt dalam The Legend of the Falls. Di akhir season 1, tokoh Marina dihilangkan oleh produser. Namun fans begitu menggemari tokoh ini sehingga Marina muncul sebentar dalam season 4. Karina juga secara samar mengakui bahwa dirinya biseksual.


Carmen (Sarah Shahi)
Bernama asli Aahoo Jahansouzshahi, dan masih keturunan salah satu shah Iran abad-19. Semasa remaja, dia sering ikut kontes kecantikan dan berlatih karate hingga menyandang sabuk cokelat. Mantan cheerleader Dallas Cowboys ini lebih dikenal sebagai model dan namanya masuk daftar Hot 100 majalah Maxim pada tahun 2005 dan 2006. Tokoh Carmen hanya muncul di season 2 dan 3, dan dianggap sebagai tokoh lesbian terseksi di layar kaca.

Helena Peabody (Rachel Shelley)
Rachel lahir pada tanggal 25 August 1969 di Swindon, Inggis. Dia lulusan sastra Inggris dan Drama dari Sheffield University. Salah satu peran terpentingnya dalam film adalah ketika berperan sebagai Elizabeth Russell dalam film India, Lagaan sebagai gadis Inggris yang jatuh cinta pada pria India (Aamir Khan). Lagaan dianggap film penting dalam sejarah Bollywood karena menjadi film berbahasa Hindi ketiga yang dinominasikan untuk Academy Award untuk Film Berbahasa Asing Terbaik tahun 2001

Moira/Max (Daniela Sea)
Bersama Leisha Hailey, Daniela Sea adalah pemeran The L Word yang sudah coming out sebagai lesbian. Ia juga dikenal sebagai anak band. Daniela dibesarkan di Malibu, California oleh orangtua seniman/hippie. Ia pergi dari rumah pada usia 16 tahun, dan melakukan perjalanan ke Asia dan Eropa, bahkan pernah tinggal di India selama delapan bulan dengan menyamar sebagai laki-laki. Daniela juga dikenal sebagai penganut agama Buddha, bisa berbahasa Polandia, dan piawai bermain beberapa alat musik.


@Alex, RahasiaBulan, 2007
NB: Sebagian tulisan ini pernah dimuat di majalah Mu-phi
Photo from: http://tv.yahoo.com/

4 comments:

stania said...

Daniela!! :D

Anonymous said...

selain max ada lagi ngga yang c/o? di serial the L word??

alex said...

hm, so far sih blm ada ya... kita liat aja nanti di season 5 :)

dree said...

hmm the l word bagus juga...Betah bgt nontonnya soalny liat para pemainny yang wuihh keren dech.Cinta dech ama shane.
Oh iyah aku tuh bru nonton the runaway pemainny dakota fanning sana kristen stewart.
Kalo di liat2 secara seksama kristen stewart mirip ama shane...
Beneran dech.

Subscribe