Ellen Degeneres mungkin manusia terlucu yang hidup di muka bumi zaman sekarang ini. Saya sampai ngakak nggak berhenti menonton dan mendengar pertunjukan ini. Hingga ditegur mbak bos di kantor karena ketawa cekikikan nggak jelas. Ups. :)

Dua pertunjukan ini adalah stand-up comedy yang ditayangkan HBO. Ellen DeGeneres: The Beginning dirilis tahun 2000 dan Ellen DeGeneres: Here and Now pada tahun 2003. Kedua pertunjukan ini direkam langsung di Beacon Theatre, New York City di hadapan ribuan penonton.

Untuk Here and Now, saya menontonnya via youtube. Saya makan siang sambil menonton stand-up comedy Here and Now di youtube yang butuh kesabaran luar biasa karena video sepanjang 60 menit terpotong-potong menjadi 7 bagian. Capek sih, tapi sepadan. Ellen berdiri di atas panggung besar sendirian ditemani sebotol air yang ditaruh di bangku. Menonton Ellen sambil makan siang ternyata kesalahan, karena saya nyaris tersedak ayam goreng. Bagaimana tidak? Kalau setiap beberapa menit sekali saya tertawa geli.



Dalam pertunjukan ini, Ellen DeGeneres banyak melawak tentang kehidupan modern dan kerepotan-kerepotannya. Beberapa topik seperti procrastination alias menunda-nuda pekerjaan, iklan TV, ponsel, kertas toilet, elevator, dan kejadian-kejadian memalukan dalam kehidupan modern menjadi lelucon-lelucon lucu yang membuat kita tertawa sambil menyadari betapa benarnya dia. Ambil contoh tentang ponsel, bagaimana kita tidak bisa berkomunikasi dengan seseorang tanpa terganggu dering ponsel atau berbicara blablabala tanpa henti via ponsel tanpa benar-benar mendengarkan. Humor ala Ellen mengalir renyah dan lancar selama pertunjukan 1 jam tanpa jeda ini.

Sayangnya saya cuma mendapat rekaman mp3 The Beginning, bukan videonya, berkat kebaikan hati seorang teman yang me-rip DVD-nya. The Beginning dimulai dengan tarian Ellen sebagai caranya untuk mengisahkan hidupnya setelah coming out pada tahun 1997. Ketika Ellen mengalami kejatuhan karier dan kritik habis-habisan setelah keputusannya untuk coming out. Dan ini merupakan pertunjukan komedi pertamanya setelah coming out. Bagian tentang pernikahan sesama jenis dalam pertunjukan ini juga lucu. Ellen mengatakan penentang pernikahan sesama jenis mengatakan jika mengizinkan pernikahan sesama jenis, nanti bisa-bisa ada orang yang menuntut persamaan hak untuk menikahi binatang, tapi dengan kocaknya Ellen bilang, “But I don’t wanna marry a goat.” Bagian yang paling mengharukan adalah bagian ketika Ellen bertanya-jawab dengan seorang penonton yang menganggap Ellen sebagai “pahlawan”nya.

Ellen adalah sosok komedian yang bisa menggunakan kelesbianannya sebagai lelucon. Isu lesbian yang dilontarkan Ellen tidak bersifat mengancam malah berkesan ramah dan menyenangkan. Bahkan dalam Here and Now, Ellen mengatakan paling tidak dia harus melontarkan lelucon tentang lesbian, karena kalau tidak nanti dia tidak dianggap “leader” lagi. Ellen DeGeneres adalah salah satu komedian yang bisa melontarkan humor-humor lucu dan cerdas tanpa perlu melontarkan lelucon yang sifatnya porno atau rasis atau kasar. Tidak heran jika Ellen bisa bangkit dari keterpurukannya setelah coming out dan menjadi salah satu perempuan tersukses di dunia entertainment saat ini.

@Alex, RahasiaBulan, 2007

PS: Lebih lanjut tentang Ellen DeGeneres bisa dibaca di sini.

4 comments:

stania said...

Request: bahas Daniela Sea dong kapan-kapan... :D

alex said...

Hi Stania, thanks atas requestnya :p
Kepinginnya sih bikin profil semua cewek di L Word, cuma blm sempat curi waktu nih :(

geumala said...

ellen udah jd hero gw bahkan saat gw blom tau kalo dia lesbian lex..

gw nguakak hebat pas baca tulisan lo soal komedinya dia yg tentang menuntut pernikahan sama binatang hahahahhahhaa...
trus ellen bilang but i dont wanna marry kambing hahhhahahaha...

gw yg gak liat aja bisa ngakak abis gini apalagi elo yg non ya lex...

dari semua tulisan lo disini, ttg ellen ini favorit gw... at least lo udah bantu gw nguakak diantara segudang mekanisme produksi yg kudu gw jalanin...

tx lex... (tx ellen too)

alex said...

Hi geumala...
ellen tuh jg hero gue.
elo kudu nonton deh kalo bisa. Lucu banget, bisa ketawa cekikikan sampe keluar air mata. :)

Subscribe