*Spoiler Alert

Ini adalah salah satu film guilty pleasure saya. Entah sudah berapa kali saya nonton film ini, dan saya tidak pernah bosan. Dirilis tahun 2002 dengan sutradara Corey Yuen, So Close merupakan salah satu dari sedikit film dengan peran utama perempuan, yang selain cantik juga jago berantem. Tiga perempuan di sini Shu Qi, Vicky Zhao dan Karen Mok berperan sebagai penjahat dan jagoan yang saling berhadapan. Shu Qi (Lynn) dan Vicky Zhao (Sue) adalah kakak-beradik pembunuh bayaran yang menggunakan teknologi canggih warisan ayah mereka dalam melaksanakan tugas mereka sebagai pembunuh. Karen Mok (Hong) adalah detektif cantik yang mengejar mereka.

Setelah tugas terakhirnya Lynn memutuskan untuk pensiun apalagi karena Lynn bertemu kembali dengan lelaki pujaan hatinya sejak remaja. Sue tidak terima dengan keputusan Lynn dan membandel untuk menerima tugas baru. Kejar-kejaran pun terjadi antara polisi dan pembunuh. Namun penjahat utamanya bukanlah dua kakak-beradik cantik ini. Penjahat utamanya adalah orang yang menyewa mereka sebagai pembunuh bayaran.

Karena ingin menutup jejak, si penyewa memutuskan untuk menghabisi Lynn dan Sue. Setelah adegan baku kebut dan baku tembak yang seru, Lynn tewas. Sue akhirnya harus bekerja sama dengan Hong agar bisa membalas dendam kematian kakaknya.

Hubungan antara Sue dan Hong ini bisa dianggap mengandung subteks lesbian walaupun tidak sejelas di film Naked Weapon, misalnya. Dalam film Hong Kong ini, puluhan perempuan dilatih untuk jadi pembunuh bayaran dan di antara dua perempuan itu terjadi persahabatan yang luar biasa akrab. “Hubungan lesbian” dalam Naked Weapon disamarkan sedemikian rupa dalam bentuk “persahabatan penuh kasih sayang”. Saya sengaja tidak mau bercerita tentang Naked Weapon karena ceritanya begitu cheesy dan bikin saya mau cakar-cakar muka saya sendiri saking kesalnya.

Kembali lagi ke So Close. Hubungan Sue dan Hong yang jadi akrab setelah kematian Lynn bukan lagi jadi hubungan antara penjahat vs polisi, apalagi setelah Hong difitnah membunuh. Mereka menunjukkan ketertarikan terhadap satu sama lain yang meskipun samar tetap terasa manis. Dan pada akhirnya setelah bahu-membahu bertarung seru lawan Yasuaki Kurata dan menghabisi penjahat sebenarnya, Sue memberikan kecupan singkat di bibir Hong.

Yeah, ini memang bukan film yang bakal dicap highly recommended oleh kritikus film, tapi jelas highly recommended oleh saya. Setelah sekian kalinya nonton film ini, partner bertanya, “Kenapa sih nonton film ini (lagi)?” Saya hanya nyengir dan menjawab “Di mana lagi ada film dengan cewek jagoan yang cantik, bajunya bagus, rambutnya keren, berantemnya seru, plus ada subteks lesbiannya?”


@Alex, RahasiaBulan, 2007

13 comments:

Cassey said...

Alex, aku juga suka film ini. Aku suka ketika Sue dan Hong bertemu di toko CD. Sue dengan skateboardnya meluncur sambil memandang wajah Hong dari samping, sampai ke lehernya.Hong kan rambutnya selalu dikuncir.
Adegan itu dibuat slow motion. Wah, asyik banget. Sejak itu aku tambah suka dengan lagu Close to You.

Anonymous said...

Hi, Cassey. Aku juga suka adegan itu... bikin deg2an, :). Kayaknya si Sue naksir Hong di sana deh. Adegannya samar banget, mesti ngeliat pake perasaan :p

Anonymous said...

wah, ini sih bener-bener seperti kata The Killers dalamam Mr. Brightside "it was only a kiss..."

Anonymous said...

huehehe, aku sih ikutin kata Rick (Humprey Bogart) dlm Casablanca aja, "A Kiss is Still a Kiss."

Anonymous said...

aku dah nonton film ini banyak kali, tapi ga pernah bosen.
dan selalu ingin menontonnya lagi. gila... 3 orang jagoan cewek cantik (lynn & sue aku anggap jagoan juga), baku tembak, baku kejar, kerja sama...kapan lagi...
adegan Sue ngeliatin Hong di toko CD yg pake perasaan mendalam bikin aku juga ngeliat adegan itu pake perasaan.
hubungannya juga ga berlebihan, tapi tetep manis.
pose waktu pertarungan terakhir Hong & Sue lawan penjahat, wuuiihh kerennn...

Anonymous said...

iya nih!gw juga suka banget ama nih film!!
dimana bisa dapet DVD ato VCDnya?
bantuin donk!!!

Admin Website said...

ok juga so close walupun aku belum pernah lihat film nya denga DVD langsung hanya lihat film di televisi aja tapi aku juga pengemar berat film yang bergenre teknologi, tapi lehkah aku nanya untuk soundtrac nya so close itu judulnya apa ya
lehkan aku di kasih lagu ersebut
thank ya broooooooo

Anonymous said...

hi ictboy,

judul lagunya Close to You - The Carpenters

vina said...

iyapppp.....demen beud !!!! betewe.... cwo yg disukai ma Lynn itue name asli nua cpa ???

bantuin dunkkk

Anonymous said...

yo vina
cowoknya punya nama SONG SEUNG HUN yg main di serial korea Endless Love barengan ma Song hye kyo.

jadi suka deh ternyata penggemar ni pelem buanyak juga.

By:Corridor_8

tomBOY said...

so close keren. aq jg suka bgt m flm yg bergenre gt.biarpun mereka cwk2 tp bs jd jagoan.g klh m lk2.
like charlie's angels...

emg bner sue n hong lesbian???

gw cm liat d tv doang sih...

di sensor kali y...??!

genic said...

So close keren abizzzz, w suka bgt! Tp sedih pas lynn tertembak mati, dia bener2 syg sm adeknya smpe rela mengorbankan nyawanya sndiri

Anonymous said...

so close tayang lg di trans, gak tau knapa trans juga demen bngt nayangin film ni. dan tiap so close tayang,aku terus melototin gak ada bosennya. aku paling suka adegan pas sue bilang ke hong, andai aku bukan penjahat kamu pilih mana,aku atau dia. saat itu sue sedang melihat dari komputer cow rekan kerja hong . itu cara mengungkapkan perasaan sue ke hong,tanpa keliatan vulgar. dan keseluruhan acting di film itu bnr2 bagus bngt. shu Qi,vicky zhao n keren mok, bnr2 keren bngt.

Subscribe