1:55 PM

Film: Boys Don't Cry

Posted by alex |

Boys Don't Cry adalah film yang HARUS ditonton, meskipun harus kuat hati menyaksikannya hingga akhir. Kita tahu sesuatu yang buruk akan menimpa sang tokoh utama, dan kita tidak bisa melakukan apa-apa untuk menyelamatkannya. Ditambah lagi, film ini diangkat dari kisah nyata yang terjadi di kota kecil Nebraska pada akhir tahun 1993.

Film ini berkisah tentang Teena Brandon (Hilary Swank) yang terlahir perempuan namun menjalani hidup sebagai laki-laki bernama Brandon Teena. Agar identitasnya tidak diketahui, dia pun pindah ke Falls City, Nebraska. Di kota itu, Brandon bertemu Lana Tisedale (Chloƫ Sevigny). Ia juga bersahabat dengan John Lotter (Peter Sarsgaard) dan Tom. Brandon menjalin hubungan asmara dengan Lana yang tidak menyadari bahwa Brandon sebenarnya perempuan. Bahkan, Brandon kemudian tinggal bersama Lana dan ibunya.

John yang posesif marah besar mendapati kenyataan bahwa Brandon ternyata perempuan. Apalagi Lana ternyata tetap memilih Brandon meskipun sudah tahu kenyataan yang sebenarnya. Sebagai lelaki, John merasa kelelakiannya terinjak-injak oleh kebohongan Brandon. Bersama Tom, sahabatnya, John melakukan tindakan keji terhadap Brandon yang dia anggap layak mendapatkannya.


Hilary Swank begitu memukau sebagai Brandon Teena dan mendapat anugerah aktris terbaik dalam Academy Award tahun 1999. Selain Hilary Swank, Chloe Sevigny juga mendapat pujian atas aktingnya sebagai Lana Tisdel, kekasih Brandon, dan mendapat nominasi Academy Award untuk aktris pembantu terbaik.

Hilary Swank mengalahkan beberapa orang untuk mendapatkan peran sebagai Brandon Teena, termasuk Katherine Moenig yang tadinya diaudisi untuk peran ini. Namun sutradara Kimberly Peirce, yang terobsesi sejak lama untuk menyutradarai film ini, menjatuhkan pilihan pada Hilary Swank. Sebelum shooting, Hilary bahkan sudah hidup menjalani perannya selama satu bulan, termasuk membebat dadanya dan menyumpalkan kaus kaki di selangkangannya. Pada tahun 2006, majalah Premiere menempatkan akting Hilary Swank di film ini pada urutan 83 dalam daftar “The 100 Greatest Movie Performances of All Time”, dan filmnya sendiri masuk daftar "25 most dangerous films".

Buat yang belum nonton filmnya, bisa nonton di Q Film Festival 2007.
Boys Don’t Cry diputar tgl 27 Agustus pk 19.30 di Cemara 6 Galeri, Jakarta.

Penyuka film dokumenter, bisa menyaksikan
Brandon Teena Story yang diputar:
29 August 19.30 Kineforum, Jakarta
2 September 16.00 Subtitles, Jakarta
Informasi lebih lanjut lihat di: http://www.qfilmfestival.org

@Alex, RahasiaBulan, 2007

1 comments:

Riska said...

Kayanya seru mau dong filmnya.. Kirim lewat email bisa gak?

Subscribe