South of Nowhere adalah serial untuk remaja yang diputar di Amerika sejak tahun 2005 melalui channel The N yang merupakan saluran televisi berlangganan. Tanggal 10 Agustus 2007, adalah penayangan perdana South of Nowhere season 3. Sejujurnya saya terlambat menonton serial ini. Tadinya saya pikir ini cuma serial abege nggak penting dengan tokoh lesbian sebagai tempelan sebagaimana yang terjadi dalam serial The OC. Namun ternyata saya salah besar. Sejauh ini South of Nowhere adalah serial remaja terbaik yang menampilkan tokoh lesbian.

Season 1 dimulai ketika Spencer Carlin (Gabrielle Christian) pindah dari Ohio ke Los Angeles bersama keluarganya yang terdiri atas ayah, ibu, dan dua kakak lelakinya. (Yeah, cerita anak baru di sekolah selalu menarik untuk jadi pembuka cerita). Keluarga Carlin ditampilkan sebagai keluarga harmonis, mengingatkan saya pada keluarga Walsh dalam Beverly Hills 90210.


Kiri: Spencer (Gabrielle Christian), Kanan: Ashley (Mandy Musgrave)

Di sekolah yang baru Spencer bertemu dengan Ashley Davies (Mandy Musgrave), putri bintang rock terkenal dari keluarga broken home yang dengan terbuka menyatakan preferensi seksualnya adalah dengan perempuan. Ia juga berkenalan dengan Aiden Dennison (Matt Cohen), cowok bintang basket yang ternyata adalah mantan kekasih Ashley. Sembari beradaptasi dengan kehidupan Los Angeles, Spencer dan Ashley dan Aiden menjalin semacam lingkaran persahabatan yang saling membelit. Lambat laun, Spencer merasa dirinya lebih tertarik pada Ashley dibandingkan Aiden.

Semua karakter dalam film ini ditampilkan secara manusiawi, ayah Spencer, Arthur, adalah pekerja sosial yang lebih banyak di rumah dibanding sang istri, Paula, yang menjadi dokter UGD di rumah sakit. Sementara itu kakak lelaki Spencer, Glen, menjadi bintang basket baru yang menyaingi Aiden. Dan Clay, kakak tiri Spencer yang berkulit hitam, menjalin hubungan dengan Chelsea, gadis kulit hitam yang pintar dan cantik.

Berbagai persoalan, tidak hanya isu lesbian, ditampilkan dalam serial remaja ini. Rasisme, kecanduan narkoba, peer pressure, homofobia, aborsi, kehamilan di luar nikah juga menjadi tema-tema yang diangkat. South of Nowhere membuat serial-serial remaja sebelum ini, seperti Dawson Creek atau The OC yang juga menampilkan sosok gay/lesbian tampak tidak ada apa-apanya. Ini karena serial dari channel The N ini memang menyajikan tokoh lesbian sebagai tokoh utama. Hm, gampangnya gini deh, ibarat nonton Dawson Creek, kita melihat tokoh utamanya Dawson dan Joey yang lelaki dan perempuan, atau zaman Beverly Hills 90210 dulu dengan tokoh utama Brandon dan Kelly, kali ini hubungan cinta yang jadi sorotan utama adalah Ashley dan Spencer.

Pada awal-awal episode season 1, kita sudah bisa melihat bagaimana Spencer dan Ashley sudah menunjukkan tanda-tanda akan “ke sana”, maksudnya... akan "jadian." Lirikan mata mereka, sentuhan mereka, obrolan mereka, semuanya membuat kita sebagai penonton tidak sabar menunggu Spencer dan Ashley jadian. Buat lesbian "berjiwa muda" yang selama ini menganggap The L Word adalah tontonan yang menampilkan "tante-tante" lesbian dan nggak banget buat anak muda, maka South of Nowhere adalah serial yang harus kudu mesti disaksikan.

Masing-masing episode South of Nowhere durasinya kurang lebih 22-25 menit tanpa iklan, dengan pilot episode dua kali panjangnya, sekitar 46 menit. Season pertama hanya terdiri atas 11 episode. Dan season 2 terdiri atas 13 episode.

Pilot episode season 1 adalah episode yang WAJIB ditonton. Episode favorit saya di season 1 adalah episode 106, berjudul Girl’s Guide to Dating, ketika Spencer mengakui pada Ashley kemungkinan dirinya juga tertarik pada perempuan, dan saya seakan hendak menjerit, “ya sutralah, buruan jadian.” Episode 110 dan 111 juga a must see, karena pada akhir episode 11, Spencer dan Ashley resmi jadian.... fiuhhh, setelah penantianku yang panjang itu. Akhir season satu ditutup dengan jadiannya Spencer dan Ashley. Yipiiiiiiii...

Bersama Spencer, Ashley yang biasanya kasar, sok cuek, dan membangun dinding emosi agar tak perlu sakit hati tampak jadi lebih dewasa. Bersama Ashley yang sifatnya bertolak belakang, Spencer bahagia bisa menemukan cinta pertama dan orientasi seksualnya. Namun dia tetap harus waspada karena Ashley adalah tipe cewek yang bisa mendadak membuat gadis patah hati karena Ashley, well adalah... Ashley.

Season 2 dibuka dengan The Morning After (yang jadi judul episode pertama season 2). Dalam season 2, kita melihat bagaimana Spencer dan Ashley beradaptasi dengan satu sama lain dan sahabat-sahabat mereka dengan status sebagai kekasih. Dalam season 2, muncul tokoh baru, yaitu Kayla, adik tiri Ashley yang tinggal bersamanya setelah kematian ayah Ashley. Hal paling penting dalam season 2 adalah ketika Spencer dan Ashley tertangkap basah oleh Paula, ibu Spencer, dalam episode 207, Come Out, Come Out, Wherever You Are. Bagaimana keluarga Carlin menghadapi Spencer yang lesbian bisa kita lihat dalam episode 208, That's the Way the World Crumbles.
Status terbukanya hubungan Spencer dan Ashley malah membuat Ashley tidak nyaman. Sehingga mendekati akhir season 2 Ashley kembali dekat dan Aiden dan membuat Spencer sedih. Akankah Ashley tetap bersama Spencer atau kembali ke Aiden? Well, keputusan ini masih mengambang di akhir season 2. Pada episode 213 Trouble in Paradise, Ashley belum sempat menyatakan keputusannya memilih Spencer atau Aiden, terjadi penembakan yang menutup season 2. Bagaimana selanjutnya? Apa yang terjadi di season 3? Kalau tidak ada halangan, saya akan mengupdate informasi serial ini secara berkala. Saya sih udah nonton dua episode season 3 ini melalui youtube, dan saya makin jatuh cinta pada serial ini. Tapi nanti ya update season 3-nya tunggu ada waktu luang. :)

Buat yang penasaran ingin menonton serial ini, sayangnya versi DVD originalnya belum beredar, sehingga bila ada pun kopiannya belum terlalu bagus. The N menjual versi asli melalui iTunes, tapi jika rajin mencari di tempat hosting video seperti youtube atau veoh, mungkin kalian bisa menontonnya secara gratis, itu pun syaratnya memiliki koneksi internet yang cepat.... Oya, nyarinya juga mesti niat banget dan banyak usaha karena banyak video South of Nowhere yang terpaksa dihapus karena uploading serial itu dianggap pelanggaran copyrights. Tapi percayalah, usahamu tidak akan sia-sia....

gambar dari:
http://www.the-n.com

@Alex, RahasiaBulan, 2007

2 comments:

Anonymous said...

Alex!

Akhirnya ada juga orang yang suka ama SON. Man....I thought I was the only one! The L Word tuh pusing...cape deeh. SON lebih nyambung ama kehidupan gue sehari-hari hehehe...

And in my opinion, that Spencer chick is just too good to be true, sigh...Ashley is sooo dumb! :P Tapi emang kayak gitu kali ya jalannya...

Anyway...donlot SON di torrentspy.com juga bisa kok, tapi harus punya koneksi internet kingkong emang...

alex said...

Halo,

Sama dong. Gw pikir gw doang yg suka SoN. sengaja gw tulis di sini buat menularkan virus SoN. :)

Ashley is sooo S.T.U.P.I.D! Bete gw liat dia balik lg sama Aiden, tp katanya ada surprise di ending season 3... harap2 cemas nih liat Spencer dan Ashley balik lg. Dan oya, gw nggak suka juga sama Carmen. Nggak pas chemistry-nya buat Spencer.

Hiks, gw nggak bisa donlod pake torrent. komputer gw pasti hang. Sekarang gw nonton di veoh.

Subscribe