2:42 PM

Persona: Kebangkitan Ellen DeGeneres

Posted by alex |

Ellen DeGeneres lahir di kota kecil di wilayah New Orleans pada tgl 26 Januari 1958. Ayahnya adalah salesman asuransi dan ibunya yang akrab dipanggil Betty adalah agen real estat. Ketika Ellen berusia 13 tahun, ayah dan ibunya bercerai. Tidak lama kemudian, Betty menikah lagi lalu pindah ke Atlanta, Texas. Lulus SMA, Ellen bekerja sebagai klerek di firma hukum, pelayan restoran, bahkan pembuka kerang.

Namun nasib dan bakatnya ternyata bicara lain. Ellen yang memang terkenal sering melucu dan melawak di antara teman-temannya akhirnya mencoba menjadi komedian di kelab-kelab kecil di New Orleans. Kesedihan dan berbagai kesulitan hidup yang dihadapi Ellen membuatnya menggunakan humor untuk menghibur diri dan orang-orang sekitarnya. Ellen mengatakan sebagai komedian dia ingin “menjangkau semua orang” dan membuat semua orang tertawa “karena ini tentang humor” dan bukan tentang menjadi gay. Pada tahun 1982 dia memenangkan kontes “Funniest Person in America” yang diadakan oleh Showtime.

Pada tahun 1994, mulailah karier Ellen di bidang televisi dengan ditayangkannya sitkom Ellen di ABC. Namun serial TV Ellen menjadi sorotan publik pada tahun 1997 ketika tokoh Ellen Morgan yang diperankan Ellen DeGeneres coming out sebagai lesbian dalam salah satu episodenya. Episode itu merupakan episode dengan rating tertinggi. Nama Ellen, yang waktu itu berpasangan dengan Anne Heche, langsung membubung sebagai ikon lesbian. Bahkan dia sempat menjadi cover majalah Time dengan tagline, “Yep, I’m gay.” Meskipun dalam interviu di majalah tersebut Ellen mengatakan dirinya tidak pernah mau menjadi “aktris lesbian”, dan sesungguhnya dia tak pernah mau jadi “juru bicara” untuk komunitas gay/lesbian. Yang dia lakukan hanyalah jujur pada dirinya sendiri.

Sayangnya episode coming out itu juga meruntuhkan karier Ellen. Pada tahun 1998, sitkom Ellen dihentikan penayangannya karena rating yang jeblok. Meskipun awalnya khawatir, namun Ellen tidak menyesali keputusannya untuk coming out meskipun dalam banyak hal menyebabkan kemunduran kariernya. Tabloid-tabloid gosip juga mencecar habis kehidupan pribadinya bersama Anne Heche, yang dianggap mendompleng Ellen untuk mengangkat karier filmnya.

Setelah sitkom Ellen dihentikan, Ellen sempat menggunakan waktu “istirahat”nya untuk bermain di sejumlah film seperti EdTV dan FTV: If This Walls Could Talk 2 pada tahun 2000. Tahun 2001, kembali ke televisi dengan sitkom terbaru di CBS berjudul The Ellen Show dengan karakter utama Ellen yang lesbian. Sayangnya, rating serial itu pun rendah sehingga dihentikan setelah satu season.

Tahun 2003 adalah awal tahun kebangkitan Ellen. Dia mengisi suara sebagai Dory, ikan yang pelupa kelas berat dalam film Disney, Finding Nemo. Sejumlah kritikus pun memuji kepiawaiannya dalam mengisi suara Dory yang dinilai sangat pas dan hidup. Pada tahun yang sama, Ellen juga menerbitkan buku kumpulan esai humor yang kedua berjudul, The Funny Thing Is… yang masuk dalam daftar New York Times bestseller. Sebelumnya, pada tahun 1996 buku pertamanya, My Point... And I Do Have One, juga menjadi bestseller di New York Times.

Pada bulan September 2003, Ellen meluncurkan acara talkshow siang hari, The Ellen DeGeneres Show. Acara ini mendapat 11 nominasi untuk Emmy Awards pada season pertama, dan memenangkan empat Emmy, termasuk Best Talk Show. Selama tiga season, acara ini telah memenangkan 15 Emmy Awards.

Dalam kehidupan pribadi, Ellen terpaksa membiarkan hubungannya jadi sorotan publik. Setelah putus dari Anne Heche tahun 2001, dia sempat menjalin hubungan dengan aktris/fotografer Alexandra Hedison, namun hubungan tersebut tidak bertahan lama. Sejak tahun 2004, Ellen berpasangan dengan Portia De Rossi (Arrested Development, Ally McBeal), yang masih bertahan hingga sekarang.

Ellen mungkin tak pernah mau jadi ikon lesbian, tapi apa yang dilakukannya memberi pengaruh pada banyak lesbian di dunia serta mengubah wajah lesbian dalam dunia hiburan. Keberhasilannya untuk bangkit kembali setelah penurunan karier dan cercaan yang dialaminya akibat coming out memberi contoh positif bagi komunitas GLBT. Di usianya yang ke-49, karier Ellen DeGeneres tampaknya akan terus bersinar karena konon Ellen terpilih sebagai pembawa acara 79th Academy Awards yang akan berlangsung tanggal 25 Februari 2007.

@Alex, RahasiaBulan, 2007

gambar dari: www.time.com
KWAKU ALSTON / CORBIS OUTLINE

0 comments:

Subscribe