10:17 PM

Buku: Luna - Julie Anne Peters

Posted by alex |

Di antara lautan Teenlit, saya menemukan beberapa permata. Salah satunya adalah Luna karangan Julie Anne Peters. Menurut saya, tidak banyak buku remaja yang bagus yang diterbitkan di Indonesia. Makanya saat menemukan Luna karangan Julie Anne Peters dalam kategori Teenlit, terkejutlah saya. Sejujurnya, saya lebih suka membaca buku Teenlit terjemahan karena topik-topik yang diangkat tidak melulu tentang cinta atau persahabatan ala AADC.

Julie Anne Peters adalah pengarang yang banyak menulis buku-buku remaja bertema GLBT, sebut saja judul-judul sebelumnya seperti Keeping You a Secret dan Define Normal yang meraih penghargaan ALA Best Book for Young Adults. Luna sendiri memperoleh sejumlah penghargaan, di antaranya Chicago Public Library Best of the Best 2004 Book for Great Teens, 2005 Stonewall Honor Book, 2004 National Book Award Finalist in Young People’s Literature.

Luna berkisah tentang remaja berusia 17 tahun bernama Liam yang merasa dirinya perempuan yang terjebak dalam tubuh laki-laki. Setiap malam dia bermetamorfosis menjadi gadis bernama Luna di hadapan adik perempuannya, Regan. Dan melalui mata Regan-lah cerita tentang Liam/Luna mengalir dalam buku ini. Melihat hidup Liam/Luna dari sudut pandang Regan membantu pembaca melihat kondisi ini tidak hanya dari sudut Liam. Dari sudut pandang ini, kita bisa melihat apa yang dirasakan Regan terhadap “perubahan” kakaknya, dan kita juga bisa melihat bagaimana efek keadaan Liam alias Luna terhadap orang-orang terdekatnya.

Regan memberi dukungan dan pengertian untuk kakaknya, meskipun kadang-kadang dia juga sebal terhadap kakaknya sebagaimana yang terjadi dalam kehidupan bersaudara. Apalagi dalam hal ini, Regan merasa kadang-kadang hidupnya terganggu akibat “kemunculan” Luna. Di mata semua orang, Liam adalah cowok pintar dan ganteng. Di mata Regan, Liam adalah Luna, remaja perempuan yang tertekan dan hanya bisa keluar di saat-saat tertentu. Regan menyayangi Luna sebagaimana dia menyayangi Liam, tidak ada diskon dalam kasih sayang Regan terhadap kakak tercinta bagaimanapun keadaannya.

Di Indonesia, buku remaja yang mengangkat isu homoseksualitas termasuk barang langka. Luna memberikan suatu pandangan baru tentang remaja transeksual. Remaja kebanci-bancian di sekolah biasanya menjadi bahan ejekan teman-temannya. Melalui Luna, remaja bisa memahami pergulatan yang dialami remaja yang mengalami masalah “orientasi diri” seperti yang dialami Liam, namun bukan untuk dikasihani. Buku ini tidak hanya layak dibaca oleh remaja, namun juga oleh orangtua dan guru, atau siapa saja yang tertarik untuk membaca buku bagus.



@Alex, RahasiaBulan, 2007

PS: Looking for Alibrandi – Melina Marchetta juga buku yang HARUS dibaca oleh semua remaja. Dua jempol!

2 comments:

Anonymous said...

Sudah baca novel , Mata Matahari? Penulisnya Ana Maryam. Pasti sudah baca dong...

alex said...

blm baca tuh... nanti aku cari deh di toko buku. thanks infonya

Subscribe