9:29 AM

Film: Fried Green Tomatoes

Posted by alex |

Fried Green Tomatoes adalah film cewek buatan tahun 1991, di mana hampir semua tokoh utamanya dipegang oleh perempuan. Mulai dari Ninny Threadgoode (Jessica Tandy) dan Evelyn Couch (Kathy Bates) yang bersetting di tahun 1985. Dan Idgie Threadgoode (Mary Stuart Masterson) dan Ruth Jamison (Mary-Louise Parker) yang bersetting sejak tahun 1920-an. Film ini menampilkan kisah paralel dari kedua tahun tersebut. Dimulai ketika Evelyn bertemu dengan perempuan tua di panti wreda bernama Ninny.

Ninny yang masih penuh semangat hidup meskipun sudah berusia 80 tahun bercerita tentang kota kecil bernama Whistle Stop, Alabama, dengan fokus utama tentang hubungan Idgie dan Ruth. Idgie yang tomboy bersahabat dekat dengan Ruth sejak Ruth dekat dengan kakak lelaki Idgie, Buddy. Hubungan Ruth dan Idgie sempat menjauh ketika Buddy meninggal secara tragis, namun berlanjut ketika mereka makin dewasa.

Ruth menikah dengan lelaki kejam yang sering menyiksanya. Idgie kemudian membebaskan Ruth dari lelaki itu kemudian mereka tinggal berdua dan membuka restoran serta membesarkan anak lelaki Ruth bersama-sama. Cerita yang dituturkan Ninny ini membuat Evelyn yang berada dalam pernikahan yang buruk dengan suaminya jadi memiliki semangat juang untuk memperbaiki hidupnya. Dan Evelyn pun jadi bersahabat dekat dengan Ninny.

Film ini penuh dengan subteks lesbian, namun tak pernah ditampilkan secara jelas dan gamblang. Mungkin hanya penonton yang buta saja yang tidak menyadari bahwa Ruth dan Idgie merupakan gambaran terselubung dari pasangan lesbian. Ini jelas tidak aneh karena Fried Green Tomatoes diangkat dari novel Fried Green Tomatoes at the Whistle Stop Café karya Fannie Flagg yang terbit tahun 1987, dan dalam novelnya terdapat unsur-unsur lesbian yang lebih kental.

Walaupun Fannie Flagg--sang pengarang--adalah lesbian yang terbuka ia harus berkompromi banyak untuk menghapus bagian-bagian “lesbian” dalam bukunya agar film tersebut bisa lebih komersil. Dalam film, Idgie dan Ruth digambarkan sebagai perempuan yang bersahabat akrab seperti layaknya kakak-beradik yang saling menyayangi yang kebetulan membangun "keluarga" bersama. Bersama Carol Sobieski, co-writer dalam penulisan skenario film ini, Fannie Flagg memperoleh nominasi piala Oscar 1992.

Fried Green Tomatoes meskipun tidak dicap sebagai film "lesbian" menampilkan sosok perempuan-perempuan tegar dan suatu gambaran tentang kemungkinan kehidupan "rumah tangga" sepasang perempuan yang setia selamanya hingga maut menjemput.

@Alex, RahasiaBulan, 2007

PS: Udah lama nonton film ini, sekitar awal tahun 2000, baru ketemu lagi DVDnya di Mangga Dua tahun 2006.

0 comments:

Subscribe