Sebagai salah satu ikon pembuat film “aneh”, David Lynch mengantar kita ke dalam dunia surealis Mulholland Drive yang dirilis tahun 2001. Diawali dengan kecelakaan yang terjadi pada malam hari di Mulholland Drive, Los Angeles. Seorang wanita berambut hitam diperankan oleh Laura Harring diancam pistol oleh dua lelaki di dalam mobil, namun mobilnya mengalami tabrakan dan si wanita berambut hitam tersebut selamat meskipun menderita amnesia. Setelah kecelakaan, dia berjalan hingga sampai ke sebuah rumah lalu tinggal di sana.

Keesokan harinya, seorang wanita ceria berambut pirang yang bercita-cita sebagai aktris bernama Betty (Naomi Watts) datang ke rumah itu. Mereka lalu berkenalan, si wanita amnesia itu mengaku bernama Rita setelah melihat poster film Gilda yang diperankan Rita Hayworth.

Betty dan Rita kemudian menjalin hubungan yang akrab dan berlanjut ke hubungan seksual sambil berusaha mencari petunjuk tentang siapa diri Rita sebenarnya. Berdua, mereka berusaha mengungkap misteri uang $50.000 dan kunci biru yang ada di dompet Rita.

Kemudian berbagai hal aneh dan absurd mengiringi perjalanan investigasi mereka. Mulai dari kemunculan sutradara bernama Adam Keshner (Justin Theroux) yang dikejar-kejar mafia, klub bernama Club Silencio, dan aktris bernama Camilla Rhodes. Itu baru chapter pertama dalam film ini.

Dalam chapter kedua kita dibawa untuk mempertanyakan mana realitas, mana mimpi, mana ilusi. Ketika Betty ternyata Diane Selwyn, Rita adalah Camilla Rhodes, dan Adam Keshner adalah sutradara yang calon suami Camilla. Diane ternyata kekasih Camilla, yang menyewa pembunuh bayaran untuk membunuh Camilla karena sakit hati akibat dicampakkan.


Sinopsis di atas walaupun mengandung banyak spoiler, percayalah, tidak akan mengurangi kenikmatan menonton, malah mungkin akan membantu banyak. Karena bersama David Lynch, selama 145 menit kau akan dibawa berputar-putar dalam dunia real, sureal, mimpi, dan ilusi. Jika kau pakai om Google untuk mencari tahu film ini, kau akan temukan banyak teori tentang apa sih sebenarnya cerita Mulholland Drive ini?

Untuk film ini, David Lynch yang sebelumnya menyutradarai Blue Velvet dan Wild at Heart, memperoleh nominasi sutradara terbaik di Oscar dan Golden Globe dan menang di Cannes sebagai sutradara terbaik. Naomi Watts juga memenangkan berbagai penghargaan atas perannya sebagai Betty/Diane. Film ini pula yang mengangkat nama Naomi Watts sebagai aktris biasa-biasa saja dari Australia sebagai aktris yang patut diperhitungkan di Hollywood. Dalam film ini, Naomi Watts dan Laura Harring melakukan adegan percintaan yang lumayan hot plus adegan masturbasi Naomi Watts yang jadi salah satu adegan masturbasi legendaris dalam film Hollywood.

@Alex, RahasiaBulan, 2007

0 comments:

Subscribe