10:45 AM

To Fall in Love Again

Posted by alex |

Bagaimana membuat seseorang yang pernah mencintaimu untuk jatuh cinta lagi padamu di saat cinta itu hilang?

Orang Pesimis akan berkata, “Halah, percuma, apa yang hilang takkan kembali.”
Orang Optimis akan berkata, “Kalau dia pernah jatuh cinta padamu, kau pasti bisa membuatnya jatuh cinta lagi.”
Orang Sinis akan berkata, “Makan tuh cinta!”

Saya pernah jadi ketiga orang di atas.

Di usia belasan saya orang yang pesimis.
Di usia pertengahan 20-an saya orang yang optimis.
Sebelum menjalin hubungan dengan Lakhsmi ketika usia saya menjelang 30 tahun, saya orang yang teramat sinis terhadap cinta. In a heart of a cynic beats a broken heart of a romantic. Lakhsmi mengajari saya untuk tidak jadi orang sinis dan membuka hati saya untuk cinta.

Sesungguhnya saya takut membuka hati saya selebar-lebarnya. Karena dengan demikian saya berarti membiarkan hati saya jadi sitting duck. "Shoot me, shoot me," teriak si bebek itu ketika berbaris menunggu ditembak. Dan jujur, saya takut. Makanya saya selalu membentengi hati saya. Bersama Lakhsmi saya belajar menyusuri jalan berliku bahwa membuka hati berarti membuka banyak keajaiban. Membuka hati berarti mendapat berlipat-lipat kebahagiaan yang tak terbayangkan. Seperti orang yang menjalani hidup dengan perasaan bahwa besok dia akan mati... itulah yang saya rasakan ketika saya belajar mencintai dengan sepenuh hati.

Kini tiga tahun berlalu sejak saya membuka hidup, diri, dan hati saya. Kini ketika cinta itu hilang dan saya harus berjuang untuk mendapatkannya kembali, saya goyah. Saya merasa tak berdaya dan tidak bisa melakukan apa-apa.

Minggu lalu saya menemukan jawabannya ketika membaca majalah Hidup.
Kolom “Tujuh Kata Pokok” Paulo Coelho menjawab kegelisahan saya. Tujuh kata pokok kali ini adalah “Doa”.

Matius 7-7: “Mintalah, maka kalian akan menerima. Carilah, maka kalian akan mendapat. Ketuklah, maka pintu akan dibukakan untukmu.”

Kini saya menyerahkan diri dan cinta saya kepada kekuatan doa.
Saat ini saya jadi Orang Religius.

@Alex, RahasiaBulan, 2007

9 comments:

Anonymous said...

2x dalam hidup saya, saya meninggalkan 2 perempuan yang sangat mencintai saya. Bukan untuk perempuan lain. Itu semua terjadi ketika saya makin religius.

AJ's Lover said...

turut berdoa :)

Anonymous said...

kamu mesti nonton "the secret-law of attraction by rhonda b.". dijamin tambah semangat.

Anonymous said...

saya tidak menghakimi cuman ..hmm..kamu doa dengan yang diatas yakin gak sih [permintaannya dah betul? eh, tanya aja lo:)

AJ's Lover said...

kalo doa ala tiga orang nelayan seperti dikisahkan anthony de mello, masuk dalam doa yang mana yah :) doanya simple bgt dan 'bidah' kalo kata orang. "kami bertiga, kamu bertiga. amin."

alex said...

waduh, banyak komennya :)

sejujurnya segala peristiwa yg terjadi belakangan ini membuatku belaja utk melihat dari berbagai sisi berbeda.
Jo, gue sudah melakukan semuanya. Curhat. Bersyukur. Berserah. U know lah.

Gue percaya segala sesuatu terjadi karena ada alasannya. Dan gue percaya juga, jika itu semua demi menjadikan diri gue yg lebih baik.
Hehehe, gue udah baca The Secret, :)

AJ' Lover, itu doanya yg mana ya?

AJ's Lover said...

doa tiga nelayan itu salah satu cerita favorit gue, ada di 'doa sang katak' kalo gak salah :) kalo sempat ntar gue posting di blog gue deh ceritanya

Anonymous said...

Curhat udah, bersyukur juga udah, berserah apalagi. mendingan nanti malem nonton opening film screamfestindo yuk lex!..

-bb-

alex said...

ogah nonton sreamfestindo, takuuuuuut, hehehe... mendingan nonton Enchanted aja :p

Subscribe