Sebelum Trilogi The Matrix, film yang membawa nama Wachowski Bersaudara ke jajaran sutradara berbakat adalah Bound yang dirilis tahun 1996. Film debutan mereka ini dianggap sebagai salah satu film noir-thriller terbaik tahun 1990-an.

Kisah Bound berkisar tentang dua perempuan, Violet (Jennifer Tilly) dan Corky (Gina Gershon) yang berupaya mencuri uang 2 juta dolar milik mafia. Setting film terpusat di sebuah apartemen yang dihuni oleh Violet bersama kekasihnya Caesar (Joe Pantoliano) yang merupakan anggota mafia, sementara Corky adalah mantan napi yang bekerja sebagai tukang di apartemen sebelah Violet.

Bersama Corky, Violet membuat rencana untuk mencuri uang 2 juta dolar itu sambil melarikan diri dari Caesar. Saat membuat rencana itulah, kedua perempuan ini juga terlibat dalam hubungan asmara. Namun rencana yang mereka buat, makin lama makin berantakan sehingga Corky dan Violet harus bisa saling memercayai satu sama lain dan berimprovisasi untuk meloloskan diri.

Bound memiliki unsur ketegangan yang tinggi, dengan akting pemeran-pemerannya yang patut diacungi jempol. Walaupun hanya bersetting di apartemen, film berbujet "hanya" 4 juta dolar ini mengingatkan penonton bahwa tidak melulu efek khusus yang membuat sebuah film jadi seru dan menegangkan. Plot cerita dan karakter yang kuat membuat film ini jadi punya magnet untuk membuat penonton diam di kursinya sampai akhir, menanti adegan demi adegan hingga akhir film.

Film ini jadi menarik karena sebagai "film lesbian", Wachowski Bersaudara yang juga jadi penulis skenario film ini, tidak menekankan Bound pada kisah lesbiannya melainkan lebih berfokus pada jalan cerita dan karakter tokoh-tokohnya. Ini adalah film yang patut ditonton oleh penggemar film thriller, yang saking serunya membuat kita "lupa" bahwa dua tokoh utamanya adalah pasangan lesbian.

gambar: www.amazon.com

0 comments:

Subscribe