11:45 AM

10 Cewek Jagoan dalam Film Sci-Fi/Fantasi

Posted by alex |

Ingin cari hiburan tontonan akhir tahun? Coba cari lagi di antara koleksi DVD lama dan temukan perempuan-perempuan jagoan ini, lalu nikmati pesta mata bersama mereka. Perempuan-perempuan cantik, berotak, berani, berkepribadian kuat, dan jagoan di antara jagoan.


Angelina Jolie (Lara Croft) – Tomb Raider
Angelina Jolie adalah icon bagi banyak lesbian. Secara pribadi saya bukan fansnya, tapi tidak memasukkan nama Angelina Jolie di sini rasanya ada yang kurang. Saya tidak pernah menganggapnya seksi. Bahkan dalam Tomb Raider pun dia lebih tampak seperti jagoan penggemar lelaki dibanding jagoan sungguhan. Tapi melihat payudara 36 DD-nya Lara Croft menjadi pemandangan mengasyikkan tersendiri.


Carrie Anne Moss (Trinity)– Matrix
Kacamata hitam. Baju kulit hitam. Rambut hitam licin. Tembak sana, tembak sini. Tambah tendangan kung fu, hajar si penjahat. Ciaaaat... Trinity adalah jagoan cool era tahun 2000 yang tidak boleh dilewatkan. Satu adegan yang boleh dilewatkan adalah adegan menyebalkan saat Trinty menghidupkan Neo kembali dengan ciuman. Bah!


Keira Knightley (Elizabeth Swann) - Pirates of the Carribean
Dari putri gubernur yang diculik hingga menjadi anggota kawanan bajak laut kehadiran Elizabeth Swann jelas layak jadi tontonan. Cantik, cerdas, jagoan, dan tidak menye-menye atau manja. Favorit saya adalah dua film pertamanya, Pirates of the Carribean: the Curse of the Black Pearl, dan Pirates of the Carribean: Dead Man Chest. Pirates ketiga terlalu romance buat saya, walaupun saya tetap menantikan Keira Knightley di layar bioskop.


Miranda Otto (Eowyn) – Lord of the Rings
Eowyn adalah keponakan Raja Thoeden dalam Lord of The Rings. Dia naksir berat pada Aragorn, tapi cintanya tak berbalas. Dalam pertarungan di Pelennor Fields dalam Return of The King, Eowyn yang menyamar sebagai laki-laki bertarung dengan Lord of Nazgul, yang dengan pongah berkata pada Eowyn, "No living man may hinder me!"
Lalu Eowyn membuka helmnya perangnya dan berkata, "No living man am I! You look upon a woman." Lalu dia menghunuskan pedang dan menghabisi Lord of Nazgul. Keren banget! Saya bisa mengulang-ulang adegan ini sampai puluhan kali.


Cewek-cewek di X-Men: Hale Berry, Famke Jansen, Rebecca Romijn
Storm, Jean Grey dan Mystique. Semuanya hot dan huebat. Jika suka yang muda ada Anna Paquin sebagai Rogue dan siapa lagi tuh namanya, yang bisa menembus tembok diperankan oleh Ellen Page. Favorit saya adalah Mystique, karena dia cewek jahat. Saya selalu suka cewek jahat, hehehe. Tapi Storm yang tenang dan Jean Grey yang gelisah selalu membuat mata saya nempel menghadap layar kaca setiap kali mereka muncul. Psst, boleh juga nonton James Bond untuk melihat Famke Jansen sebagai Xenia Onatopp dalam Golden Eye.


Milla Jovovitch (Alice) – Resident Evil
Mulai dari 5th Element, Resident Evil, hingga Ultra Violet, Milla Jovovich adalah cewek jagoan yang pantas masuk daftar ini, tapi terutama berkat perannya dalam tiga film Resident Evil. Resident Evil mungkin film paling menjijikkan melihat zombie-zombie busuk dan tak mati-mati. Tapi film ini mengangkat nama Milla Jovovitch sebagai Alice, sang jagoan cewek yang tangguh dan heroik. Milla memerankan seluruh adegan laga dalam Resident Evil pertama tahun 2002. Caranya menembakkan pistol dan menghabisi zombie-zombie itu uh, seksi banget.


Summer Glau – Serenity
Summer Glau-lah yang membuat Sarah Connor Chronicle jadi serial TV yang hidup. Sebagai Terminator yang dikirim untuk menjaga John Connor dalam serial televisi yang menurut saya ceritanya ngos-ngosan ini Summer Glau berhasil menjejakkan namanya sebagai jagoan cewek yang patut diperhitungkan. Sebelum berperan sebagai Terminator, Summer Glau bermain dalam film produksi Joss Whedon: Serenity sebagai River Tam. Wajahnya yang dingin dan kemampuannya menggabungkan seni bela diri dan balet membuatnya jadi jagoan yang mematikan. Buat penggemar Buffy the Vampire Slayer, Serenity adalah film yang kudu harus mesti ditonton.

Jagoan Kehormatan:
Linda Hamilton (Sarah Connor) – Terminator
Di film Terminator II Sarah Connor (Linda Hamilton) bertransformasi jadi perempuan tangguh yang ingin menyelamatkan John Connor, putranya nya dari kejaran Terminator yang dikirim dari masa depan. Adegan ketika Sarah Connor ber-gym di RSJ dan kabur dari sana merupakan adegan penting yang kudu disaksikan. Lalu pas adegan Sarah berkaus singlet menggenggam senapan untuk menyelamatkan John Connor ketika di gurun juga keren abis. Tampilannya mami-mami andro banget deh.


Sigourney Weaver (Ellen Ripley) - Alien
Sigourney Weaver mengangkat jagoan perempuan pada level bahwa perempuan bisa jadi pemimpin dan jagoan di antara lelaki pada Alien pertama tahun 1979. Favorit saya adalah Aliens, ketika Ripley harus menyelamatkan seorang anak kecil dan menghadapi serbuan alien yang sudah beranak-pinak. Atau kalau mau yang ada subteks lesbian, coba tonton Alien 3, yang ada Winona Ryder berperan sebagai android.


Princess Leia Organa – Star Wars
Walaupun tidak jago kelahi, Princess Leia memiliki keberanian, kecerdasan, dan humor yang membuatnya layak jadi ikon. Hubungan asmaranya dengan Han Solo juga memiliki chemistry yang seru dan menarik. Star Wars pertama dibuat tahun 1977 dan Princess Leia ditampilkan sebagai perempuan cerdas dengan otak yang tak kalah dengan laki-laki, sementara pada masanya, tokoh-tokoh perempuan dalam film aksi laga kebanyakan memamerkan tubuh indah dan menjerit-jerit minta tolong pada jagoan lelaki.


Yap, tadi adalah Daftar 10 Cewek Jagoan dalam film-film Sci-Fi/Fantasi favorit saya. Ini adalah daftar yang amat personal. Silakan beri komen jika ada masukan jagoan lain. Yuuuk... Nonton!

@Alex, RahasiaBulan, 2008

6 comments:

Anonymous said...

why lex...whyy...... sisi mana dari mbak Jolie yang kurang memuaskan hatimu?? :D

Princess Leia: plis deh dua kepangnya yang mirip roti itu bikin dia jadi gak keren.

aku mendukung The Bride (Uma Thurman) dari Kill Bill sebenernya. looove the action, the costume, the blood bath. ups, tapi bukan sci-fi ya ini hehehe....

-robyn

alex said...

Mungkin masalah bibir yg mengganggu. Huehehe... Gk tau ya, aku gk pernah ngefans sama mbak Jolie. Agak aneh gitu orangnya. Hahaha, kayak kenal aja yak!

Kalo Princess Leia sih alasannya personal. Aku ntn Star Wars waktu SD, mulai ngeh kayanya ada yg gk beres sm aku waktu aku ternyata lbh suka liat Leia dibanding Luke, meskipun berambut bapau gt, hehe.
Setuju soal The Bride di Kill Bill. Uma oh Uma. Keren bnget!
.

superninja said...

wah saya kaget Jodie Foster di the brave one ga di masukkin ke list

alex said...

hi superninja,

saya malah kaget kalau Jodie Foster di Brave One masuk di sini, soalnya list ini khusus buat jagoan utk film sains fiction/fantasi :)

kalo saya isengnya kumat lg, kapan2 dibuatin list utk jagoan film action deh :)

Anonymous said...

cewe jagoan favorite saya sebenernya Kate Beckinsale di film Underworld. (Sayang banget doi kudu kalah ma Princess Leia yang cupu itu -- karena ternyata ga masuk dalam listnya alex)
Padahal di film ini selena (peran yang dimainkan kate) terlihat cool banget... Love her!!

alex said...

hi anonim,

Di Underworld Kate sering pake celana kulit ketat atau itu di film Van Helsing ya? Hm, cool jg dia di sana. Masukin dia di daftar list thn depan deh :D

Tapi aku lbh suka dia di Serendipity, buatku itu the bestnya Kate Beckinsdale... :)

Subscribe