9:37 PM

Tips Menulis Skenario Sinetron!

Posted by alex |

  • Buat tokoh perempuan yang cantik dan miskin. Biasanya judul sinetronnya adalah nama si perempuan ini. Trailernya si perempuan sedang menangis di bawah siraman hujan. Atau hampir keserempet mobil, lalu kaca jendela diturunkan, di dalamnya ada lelaki melotot.

  • Buat tokoh lelaki yang kaya dan tampan. Pakai jas dan dasi walaupun nggak jelas apa kerjanya. Pokoknya bos gitu deh, dengan bapak yang juga berjas dan berdasi. Atau ibu yang cantik dengan rambut mekar.

  • Tokoh lelaki sudah bertunangan dengan perempuan jahat lalu ketemu si miskin dan cantik. Atau buat ada perempuan lain yang naksir berat pada si lelaki. Perempuan cantik tapi jahat.

  • Tokoh lelaki kemudian jatuh cinta sama si perempuan cantik dan miskin. Walaupun kadang-kadang kita nggak habis pikir bagaimana lelaki berjas dan berdasi yang katanya bos lulusan sekolah luar negeri itu jatuh cinta sama tukang cuci, pembantu, office girl, atau anak yatim dengan ibu sakit yang sekarat sementara kerjanya perempuan cantik dan miskin itu hanya berdoa tanpa pernah bekerja.

  • Buat si perempuan jahat itu menghalangi hubungan si tokoh lelaki tampan dan kaya dan tokoh perempuan cantik dan miskin. Pakai mulut monyong-monyong. Halalkan segala cara, tapi sejauh ini cara fitnah adalah yang paling efektif.

  • Setelah beberapa episode, ketauan bahwa si perempuan yang miskin dan cantik adalah anak haram dari pengusaha kaya. Pengusaha kaya ini bisa jadi bapaknya si perempuan kaya nan jahat yang naksir/tunangan pada lelaki yang jatuh cinta pada perempuan miskin dan cantik itu.

  • Intinya, perempuan miskin harus dibuat jadi orang baik. Sementara perempuan kaya dan cantik dan punya segalanya itu harus dibuat jahat. Yeah, right! Hahaha, nanti saya kenalin sama perempuan-perempuan miskin yang jahat dan perempuan-perempuan kaya yang baik hati.

  • Kalau iseng, boleh tambahkan tokoh gay banci atau persahabatan sesama perempuan yang bisa jadi subteks lesbian. Hahaha... Please no lesbian in sinetron, karena sejauh ini sinetron yang menayangkan tokoh lesbian biasanya punya rating jeblok atau nggak lama kemudian habis masa tayangnya.

  • Bungkus dengan lagu tema dengan lagu dari band indo yang lagunya mendayu menyayat hati tentang kisah cinta tak sampai atau semacamnya.

Selamat mencoba!

@Alex, RahasiaBulan, 2008
PS: Sedang-muak-sama-sinetron-saking-keseringan-nonton

9 comments:

Lau said...

Gyahahaha.. Emang dah kl sinetron tuh rata2 dah ketebak jalan ceritanya..na tuh rumusannya aja bisa dibuat ka Alex..
Eh sekalinya bagus, ternyata ngopi dari serial Korea..
Tapi biar dicaci maki, eh.. teteb aja ditonton.. huhu..
Hmmm.. Lesbian in Sinetron.. boleh tuh, sekalian aja ditambahin kalo ternyata tunangan yang jahat itu sebenarnya lebih tertarik sama si perempuan miskin, terus ..bla..bla..bla.. akhirnya, jadian deh Si Perempuan Kaya dan Si Perempuan Miskin.
TAMAT

Picank said...

Wakakaka.. Aku hampir gak percaya kalo yang ngomong "Sedang-muak-sama-sinetron-saking-keseringan-nonton" itu BuCan si Ratu sinetron. Lol

Rie said...

Beneran deh, kemaren sore setelah nonton trailernya sinetron2 indo yg kebanyakan pake judul nama tokoh utama wanitanya, aq cekikan sendiri kaya orgil. *Aq bukan banci sinetron kok* Eh hari ini baca tulisan ini malah cekakakan di kantor. Lengkap deh, orang2 di kantor ngira aq gila beneran.

Anonymous said...

sinetron: kalo tidur pake make up, pas bangun make up nya juga masih rapi deh, yuk! rambutnya ga berantakan. tidurnya ala putri-putrian sich, yuk!

- ej rose.

theLuna revealed said...

bisa aja alex..
eh, ada yang adorable dari aqso dan madina, sinetron yang nggak abis-abis itu. avril (nessa sadin)! huwah, suka banget sama antagonis satu ini. kelas satu deh. lebai lebai nggak jelas gimanaa.. gitu.

Perjalanan Grey said...

Hahhaahhaha..... aku setuju sama Lau.
Gimana kalo di buat :

ternyata si cantik nan jahat, menghalangi cinta pria tampan & gadis cantik nan miskin, karena dia juga jatuh cinta sama si cantik yang miskin. Dan berharap si pria tampan, tidak menjadi penghalang hubungan mereka.

Btw, tema yang ini pernah diangkat di komik jepang. apa yah judulnya?? Lupa....

alex said...

@Lau, kita tunggu aja yaaa... :))

@picank, bisa muak seperti kebanyakan gula hahaha

@Rie, hueheheh, jgn gila beneran nanti nggak bisa ntn sinetron lg :))

@ejrose, kadang2 aku mau bisa terbangun dalam keadaan cantik dan tampak wangi seperti itu...

@theluna, waks, si avril itu sampe ujung rambutnya aja jahat banget, ngga ada alasan apa pun yg penting JAHAT!

@Grey, oyaoyaoya? mau baca dong... :)

Perjalanan Grey said...

Ketemu judulnya : Kannazuki no Miko

Bukan komik ding, itu anime.

superninja said...

jangan lupa disiapkan extra monolog dengan mimik muka yang tentu saja berlebihan, terutama mengangkat2 alis dan mata yang membelalak

Subscribe